jenis kebun sayur hidroponik

Dua Jenis Kebun Sayur Hidroponik yang Cocok untuk Para Pemula

Hidroponik 30 Nov 2021

Kebun sayur hidroponik, ternyata tren kebun sayur yang tidak memerlukan lahan luas ini masih terus berkembang saat ini. Tidak hanya irit lahan, kebun sayur ini  juga dikenal lebih ramah lingkungan karena tidak memakai pestisida dan herbisida dalam pengelolaannya. Penasaran dengan cara membuat kebun hidroponik, yuk simak artikel berikut ini.

Sistem Berkebun Nutrient Film Technique

Metode yang satu ini termasuk metode baru berkebun hidroponik. Tidak perlu berpikir bahwa anda harus menyiapkan lahan yang luas untuk memulai aktivitas baru ini. Sistem Nutrient Film Technique (NFT) merupakan sistem berkebun yang menggunakan media aliran air. Melalui sistem ini, anda dapat membuat kebun sayur hidroponik di sekitar rumah.

Berikut merupakan Keunggulan Sistem NFT :

  • Tidak memerlukan banyak air
  • Air bisa didapatkan dengan gratis
  • Kadar oksigen yang larut dalam hara cukup tinggi
  • pH larutan dapat diatur

Sayuran hidroponik yang cocok ditanam untuk kebun sayur hidroponik jenis ini adalah sayuran yang umur panennya pendek. Seperti misalnya, bayam, pakcoy, kangkung, tomat, lettuce, dan caisim. Namun, tidak menutup kemungkinan jenis sayur yang lain juga dapat dibudidayakan menggunakan sistem ini.

Berikut cara membuat hidroponik sederhana dengan sistem NFT :

- Siapkan alumunium atau kayu untuk membuat kerangka konstruksi

  • Buat talang dengan cara mengurangi tinggi kayu/aluminium sepanjang 5 cm pada setiap satu meter kayu/alumunium.
  • Letakkan talang di atas kerangka dengan kemiringan 5%
  • Pasang talang (paralon) yang terbuat dari PVC bentuk U. 4 cm untuk panjangnya, 12 cm untuk tingginya, dan 11 cm untuk lebar dasarnya.
  • Tutup dua ujung talang menggunakan PVC
  • Buatlah lubang berukuran 8 mm pada tutup talang bagian atas. ┬áLubang ini berfungsi untuk selang yang akan menjadi jalan masuknya larutan ke talang.
  • Buat lubang berukuran 13 mm pada bagian ujung talang. Ini berfungsi sebagai jalan keluar untuk lebihan larutan.
  • Sambung selang PE dengan larutan yang bermuara ke tandon.
  • Letakkan pompa celup di dalam tandon. Pompa tersebut berfungsi untuk memompa kan kembali larutan inlet talang yang didaur ulang.

Sistem Berkebun Wick

Dalam dunia hidroponik, Sistem Wick juga dikenal dengan sebutan Sistem Sumbu. Selain itu sistem ini juga dikenal dengan sistem tanam hidroponik pasif. Sumbu yang dimaksud dalam sistem ini, biasanya terbuat dari kain.

Di dunia per hidroponik, sistem sumbu dikenal sebagai sistem yang paling sederhana jika dibanding dengan sistem yang lain. Wick sistem adalah salah satu teknik hidroponik dengan menggunakan botol bekas sebagai tempat untuk menanam. Untuk sumbunya, gunakan kain yang dapat menyerap air, biasanya kain flanel.

Pada sistem ini, sumbu merupakan perantara antara akar dan larutan nutrisi yang ditempatkan pada hidroponik botol bekas air mineral. Sehingga, akar tidak langsung bersentuhan dengan larutan nutrisi. Akar menyerap nutrisi melalui perantara.

Bibit sayur hidroponik yang cocok dibudidayakan menggunakan sistem ini adalah sayuran daun. Seperti misalnya kangkung, bayam, seledri, dan selada. Sayuran tersebut dapat ditanam menggunakan media busa.

Sistem ini sangat cocok dicoba bagi para pemula yang ingin belajar berkebun sayur hidroponik karena sistemnya yang sangat sederhana, mudah, dan murah. Berkebun menggunakan sistem ini juga tidak perlu memberi peralatan baru, cukup dengan botol bekas yang Anda miliki di rumah.

Kendati mudah dan sederhana , anda juga harus tahu jika sistem kebun sayur hidroponik ini memiliki kelemahan. Karena dijalankan dengan cara manual,larutan nutrisi harus diaduk secara berkala agar tidak mengendap di dasar.

Tag

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.