4 Jenis Tanaman Hias Daun yang Sedang Populer di Indonesia

Budidaya 23 Sep 2021

Di kala pandemi, muncul banyak hobi baru yang menyenangkan seperti berkebun dan mengoleksi tanaman hias daun. Banyak masyarakat kita mulai memelihara beberapa jenis tanaman tersebut untuk mempercantik dan mendekor bagian dalam serta luar rumahnya. Berbeda dari jenis bunga-bungaan, tanaman hias ini lebih mudah dirawat dan terbilang sederhana.

Bak dunia fashion, tanaman hias pun mempunyai tren tersendiri di Indonesia. Tidak hanya jenisnya yang beragam, harga yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari yang termurah hingga dijual dengan harga fantastis. Nah, bagi Anda yang punya hobi mengoleksi tanaman hias, berikut kami hadirkan 4 macam tanaman yang sedang populer di Indonesia. Apa saja?

1.      Monstera

Merupakan tanaman hias estetik paling populer karena punya tampilan yang unik di bagian sisi dan tengahnya. Tanaman ini berbentuk hati dan punya dua jenis, yakni Monstera deliciosa yang punya lubang di ruas jari-jari daun dan Monstera adansonii yang lubangnya ada pada bagian tengah daun saja.

2.      Sansevieria

Tanaman yang lebih dikenal dengan sebutan ‘Janda Bolong’ adalah jenis yang paling populer dan mudah untuk dirawat. Manfaat tanaman ini tidak hanya sebagai penghias ruangan tapi juga dapat menjernihkan udara sehingga cocok diletakkan di dalam ruangan. Sansevieria Trifasciata Laurentii adalah jenis Lidah Mertua yang paling banyak dijumpai di Indonesia, memiliki daun berbentuk seperti pedang dengan pinggiran berwarna kuning.

3.      Aglaonema

Tanaman hias ini berasal dari negeri China dan di Indonesia disebut dengan nama Sri Rejeki. Aglaonema dibanderol dengan harga yang cukup mahal karena punya perpaduan warna merah dan hijau yang menarik. Semakin bagus kualitasnya maka semakin dalam kantong yang harus dirogoh untuk mendapatkan tanaman hias satu ini. Salah satu jenis Aglaonema paling populer adalah Harlequin yang untuk satu potnya bisa dijual dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

4.      Anthurium

Beberapa waktu lalu jenis tanaman satu ini sempat dijual dengan harga tinggi karena saking banyak peminatnya. Tanaman hias Anthurium biasa disebut dengan nama Gelombang Cinta punya daya tarik pada tampilan daunnya yang bergelombang. Kini Gelombang Cinta kembali populer dan banyak diminati orang-orang.

Itulah beberapa jenis tanaman hias daun yang sedang laris manis di pasaran Indonesia. Apakah Anda sudah mengoleksi salah satunya? Jangan lupa luangkan waktu khusus untuk merawat tanaman hias kesayangan Anda supaya tidak layu dan tumbuh dengan subur, ya.

Tag

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.